cliuqe

cliuqe
anywhere

Jumat, 09 April 2010

Khutbah Perpisahan Nabi MUHAMMAD saw kepada Ummatnya

"Wahai manusia, dengar baik-baik. Aku tidak tahu apakah aku akan bertemu lagi dengan kalian di tempat yang mulia ini tahun depan. Mulai hari ini & seterusnya, sampai kamu menemui Tuhanmu. Dengarlah apa yang hendak aku katakan kepada mu. Orang muslim adalah saudara muslim yang lain. Ambillah dari satu sama yang lain sesuatu yang hanya diberikan dengan suka rela. Dan janganlah menzalimi diri kalian sendiri.

Bertakwalah kalian kepada Allah dalam urusan wanita. Kalian mengambil mereka dengan amanat dari Allah, kalian halalkn kemauan mereka dengan kalimat Allah, peringatkanlah mereka agar tidak membiarkan orang yang tidak kalian sukai menyentuh ranjang kalian; jika mereka melakukannya, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai.Penuhilah hak-hak mereka berupa nafkah & pakaian. Sungguh aku telah meninggalkan di tengah-tengah kalian sesuatu yang jika kalian pegang dengan teguh, niscahaya kalian tidak akan tersesat selamanya, yaitu Kitab Allah.
Wahai manusia, tidak ada lagi Nabi setelahku, & tidak ada umat setelah kalian. Diirikanlah shalat yang 5 waktu, berpuasa lah di bulan Ramadhan, tunaikanlah zakat dari harta kalian, perbaiki jiwa kalian, berhajilah krumah Tuhan, taatilah pemimpin kalian, niscahaya kalian akan memasuki surga Tuhan kalian."

Setelah Nabi menyampaikan khutbahnya, turun ayat:
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kalian agama kalian & telah Kusempurnakan atas
kalian nikmat-Ku & Aku telah meridhoi Islam sebagai agama untuk kalian".

Umar ibn Khattab Menangis tersedu & berkata:
"Tdak ada lagi setelah kesempurnaan kecuali kekurangan (atau kehilangan)"


Menyentuh bukan....membuat kita semakin rindu kepada kekasih Allah yang begitu mulia kedudukannya di sisi Allah Azza wa Zalla.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar