cliuqe

cliuqe
anywhere

Senin, 24 Oktober 2011

Nasehat yang Bermanfaat dalam Berteman


Nasehat yang Bermanfaat dalam Berteman
Sudah pada tempatnya apabila kita berteman dengan orang yang berakhlak mulia dan bertakwa.
Berteman dengan orang-orang yang apabila kita ulurkan tangan kita maka ia akan menyambutnya.
Apabila dia melihat kebaikan pada diri kita maka dia menghitungnya, apabila melihat kekurangan kita dia menutupinya.
Marilah berteman dengan orang yang apabila kita meminta sesuatu kepadanya maka dia memberikannya, dan apabila kita diam dia akan menyapa kita.
Marilah kita berteman dengan orang yang apabila kita berbicara benar maka dia akan membenarkan ucapan kita, dan apabila terjadi pertikaian maka dia akan mengalah karena dia akan lebih mengutamakan kita.
Isa bin Maryam berkata,”Bertemanlah dengan orang yang apabila anda melihatnya ia akan mengingatkan anda kepada Allah SWT, dan apabila ia berbicara ia akan menambah pengetahuan anda serta mendorong anda untuk beramal meraih akhirat.
Ahmad bin Harb berkata,”Saya beribadah kepada Allah SWT selama 50 tahun, tanpa pernah merasakan nikmatnya ibadah sehingga saya meninggalkan 3 hal: Saya meninggalkan keridhoan manusia disaat saya berbicara tentang kebenaran, saya tidak berkumpul dengan orang fasiq sehingga saya bisa bergaul dengan orang-orang salih dan saya meninggalkan kenikmatan dunia sehingga saya bisa merasakan kenikmatan akhirat.
Semoga Allah merahmati seorang penyair Arab yang menjelaskan makna ini dengan perkataannya,” Apabila anda berada di tengah-tengah manusia maka bertemanlah dengan orang yang terbaik diantara mereka, jangan bergaul dengan orang jahat karena anda akn menjadi jahat. Kepada seseorang jangan ditanya tentang ikhwal dirinya tetapi bertanyalah kepada temannya, karenasetiap teman akan mengikuti teman sepergaulannya.[1]



[1] Mubasysyirah Binti Mahrus Ali, Begini Seharusnya Menjadi Muslimah Cerdas, 2010, hlm:66-67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar