cliuqe

cliuqe
anywhere

Jumat, 07 Juni 2013

Apa Itu Cinta?



APA ITU CINTA ???


Sahabatku...


Adalah seorang wanita yang bernama Robi’ah Adawiyah mengatakan dalam salah satu ungkapannya, “Biarpun semua orang membenci saya, saya tidak akan pernah merasa kecewa selama Tuhan masih tetap mencintai saya”.


Yah..memang cinta adalah dorongan motivasi yang paaaling tinggi di atas semua dorongan motivasi. Ada orang yang terdorong motivasi karena rasa takut. Ada juga orang terdorong motivasi karena kebanggaan. Tapi rasanya tidak ada motivasi yang paling hebat di dunia ini selain dari pada motivasi CINTA.


CINTA akan membuat sebuah kesakitan menjadi sebuah kenikmatan. CINTA akan membuat sebuah resiko menjadi sebuah peluang. Bahkan CINTA akan membuat sebuah kegagalan menjadi sebuah keberhasilan. Sehingga, ada suatu ungkapan yang sangat indah, “Wahai Tuhanku, jika aku beribadah karena mencari surga-MU atau takut pada neraka-MU, masukkan aku kedalam neraka sekarang juga. Tetapi jika aku beribadah karena CINTA-MU, jangan ENGKAU coba-coba halangi aku masuk surga-MU.”


Sebuah kalimat yang sangat luar biasa, The Power of LOVE, Kekuatan CINTA. Lantas apa CINTA itu?


Para sahabat...


Kita harus punya 1 saluran tentang makna sebuah CINTA. Bayangkan anda sedang memutar sebuah radio, anda ingin mencari gelombang favorit anda, ketika anda tidak menemukan gelombang yang tepat maka suara yang anda peroleh adalah suara yang tidak begitu jernih dan tidak jelas. Tapi begitu anda mendapatkan saluran yang tepat, anda mendapatkan kebeningan dalam suara. Oleh karena itu, antara sahabat dengan saya, kita perlu punya 1 saluran tentang CINTA. Mari kita luruskan, mari kita satukan saluran kita tentang CINTA. The Channel of LOVE, Saluran CINTA.


Anda tau rumus CINTA?


Bagi saya CINTA itu adalah pemberian yang lebih besar dibandingkan penerimaan. Atau orang biasa menyebut dengan istilah Total Give lebih besar dibandingkan dengan Total Get. Ketika ada seorang mengatakan dirinya CINTA kepada yang lain, kemudian dia menuntut kepada orang itu ketahuilah sesungguhnya itu bukan CINTA sejati. Itu sebuah CINTA manipulasi.


CINTA sejati adalah apabila ia memberikan lebih daripada yang ia dapatkan. Yang ada dalam fikiran dia adalah What Can I Do for You (Apa yang bisa saya berikan buat anda) bukan What Can I Get from You bukan apa yang bisa saya dapat dari anda.


Itulah rumus CINTA yang sejati. Di dalamnya terselip sebuah kejujuran, ketulusan, dan totalitas.


LOVE adalah rangkaian 4 huruf yang membentuk sebuah kalimat yang begitu indah. Terasa bermakna dalam hati kita. Huruf “L, O, V, dan E”, setiap huruf mempunyai suatu pengertian yang sangat luar biasa. Karena LOVE itu adalah sebuah Power, maka setiap huruf yang ada dalam kata LOVE itu mempunyai Power masing-masing.


“L” adalah Loyal, atau setia pada prinsip. Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada lingkaran pengaruh. Mungkin lingkaran dunia, mungkin lingkaran uang, mungkin lingkaran keluarga, mungkin lingkaran pekerjaan, mungkin lingkaran sekolah, mungkin lingkaran teman, boleh-boleh saja kita punya lingkaran. Tapi dari semua lingkaran pengaruh yang ada dalam kehidupan kita maka lingkaran yang paling penting yang kita harus setia dengannya adalah lingkaran pada prinsip. Kita setia pada prinsip.


Ketika kita setia pada prinsip kita tidak akan pernah merasa kecewa. Tapi kalau kita setia pada uang, uang itu akan hilang. Kalau kita setia pada keluarga, keluarga akan meninggalkan kita. Kalau kita setia pada pekerjaan, pekerjaan bisa membuat kita lupa. Kalau kita setia pada karir, karir akan membuat kita terpuruk. Kalau setia pada prinsip, tidak akan pernah hilang. Dia akan abadi sepanjang hidup kita.


Huruf yang ke-2 adalah “O”, Obey. The Deep Heart Feeling. Mentaati, mematuhi, mengikuti. Deep Heart Feeling, Kata Hati yang Paling Dalam. Berdialog dengan teman suatu hal yang gampang,berdialog dengan orang suatu hal yang mudah, berdialog dengan fikiran juga suatu hal yang tidak sulit. Tapi berdialog dengan batin, berdialog dengan hati nurani itu yang susah sahabatku...susaah....


CINTA adalah seorang yang mampu berdialog dengan hati nurani...Fitrah.... setiap makhluk di muka bumi ini lahir dalam keadaan fitrah, bersih dari segala dosa. Kenapa bersih? Karena dia mentaati hatu nurani.


Yang ke-3 adalah “V”, Victory, Kemenangan. Seorang yang memiliki CINTA tidak akan pernah merasa kalah, dia akan selau menang. Tapi kemenangan yang saya maksud disini adalah bukan kemenangan secara fisik, Kemenangan yang dapat disentuh Touchable Victory..bukan. tapi juga bisa berarti Untouchable Victory. Kemenangan yang tidak bisa disentuh, kemenangan yang tidak terlihat atau Invisible Victory. Mungkin ada di sekeliling kita tapi terkadang kita tidak menyadari.


Saya jadi teringat sebuah dialog yang terjadi antara seorang makhluk yang khusyuk dalam setia sholatnya. Seorang makhluk yang paling jujur dalam setiap perkataan dan perbuatannya. Seorang makhluk yang paling bijaksana dalam mengambil keputusan. Itulah Nabi kita, Muhammad SAW. Suatu kali Beliau bertemu dengan seorang sahabat yang bernama Al-Haris. Sebagaimana lazimnya seorang ketemu dengan sahabat pasti akan menegur sapa. “Assalamu’alaikum, Selamat pagi! Apa kabar”, itu adalah kalimat yang selalu kita dengarkan dan selau kita ungkapkan apabila kita bertemu dengan seorang kawan. Tapi yang menarik disini adalah kata-kata yang disampaikan oleh Nabi kepada Al-Haris bukanlah kata-kata yang biasa melainkan kata-kata yang luar biasa. Tidak lazin dalam kehidupan. Apa kata beliau? “Ya..Haris..Khaifa asbahtu?..bagaimana kabarmu pagi ini?”


Mungkin kita melihat sepintas atau mendengarkan sesaat rasanya kalimat ini biasa-biasa saja. Memang kalimat ini biasa-biasa saja. Tapi kalau kita mendengar jawaban Haris, bagaimana jawaban haris? “Ya.. Rasulullah..asbahtu mu’minal shodiqon”, pagi ini saya telah menjadi seorang mu’min yang sejati. Itulah kemenangan.


Hari itu Al-Haris memperoleh kemenangan yang luar biasa. Kenapa? Karena hari itu dia suda menemukan dan menyemaikan rasa CINTA yang begitu besar kepada Allah, kepada Nabinya Muhammad.


Dan yang ke-4 adalah , “E”, Enlightmen. Tidaklah disebut CINTA kalau kita tidak memperoleh pencerahan. CINTA harus berujung kepada sebuah pencerahan. Itulah celupan Allah, siapa yang lebih baik dari celupan selain daripada celupan Allah. Coba Anda bayangkan, ada sebuah gelas berisi air putih kemudian anda tambahkan ke dalam gelas air putih tadi satu sendok garam. Kemudian anda aduk dan anda minum 1 teguk saja. Apa yang anda rasakan? Asin kan...sekarang saya mau tanya kepada anda, bisakan anda membedakan antara asin dan garam? Kita tidak akn pernah bisa memisah kan antara asin dan garam. Bagaimana pula kita tidak bisa memisahkan antara gula dan manis. Itulah perumpamaan orang yang yang sedang memiliki CINTA. Menghasilkan sebuah pencerahan, kita sudah tidak lagi bisa membedakan mana yang namanya manusia dan mana yang namanya CINTA. CINTA sudah melebur menjadi 1 dalam diri manusia. Ketika kita melihat wajahnya, terpancar CINTA. Ketika memandang matanya, terpancar CINTA. Ketika kita mendengarkan ucapan-ucapannya, keluar kata-kata CINTA. Ketika kita Mendengarkan langkah kakinya, langkah-langkah CINTA. Ketika kita melihat tangannya, tangan-tangan CINTA. Seluruh tubuhnya penuh CINTA.


Luar Biasa...!


            Ketika 4 hurufnya dirangkai menjadi sebuah kata, maka ia berubah menjadi “LOVE”.


Itulah The Power of Love


Jadikan investasi paling berharga dalam hidup kita adalah CINTA. Dengan CINTA kita akan bisa membuat sejarah. Dengan CINTA kita bisa merubah nasib. The Power of Love.








Keterangan Penggunaan kata diri,


SAYA  : Narasumber (Hamba Allah_NN)


ANDA : Pembaca


Sumber           : Rama FM





Tidak ada komentar:

Posting Komentar